3 September 2016

Hati-hati Nih, Modus Selundupkan Narkoba Pakai Drone!



Modus baru selundupkan narkoba dengan menggunakan drone./ Foto: Istimewa
Modus baru selundupkan narkoba dengan menggunakan drone./ Foto: Istimewa
Sobat sehati, tampaknya kian hari kian banyak saja cara yang dilakukan para pengedar maupun penyalahguna narkoba untuk mendapatkan ‘barang haram’ tersebut. Mulai dari menyelundupkannya di pakaian dalam yang sedang digunakan, disimpan dalam sol sepatu, atau disimpan dalam kepala ikan tuna bahkan diterbangkan dengan drone!
Ya, cara yang terakhir ini dilakukan para tahanan kriminal di sebuah penjara di Inggris, yang tampaknya makin lama makin ‘kreatif’ mencari cara untuk menyelundupkan narkoba. Ini terbukti dalam sebuah rekaman CCTV yang menangkap terbangnya sebuah drone sebagai alat untuk menyelundupkan barang-barang terlarang.
Rekaman CCTV itu berhasil menangkap pergerakan drone yang membawa tas hitam melayang menuju sebuah jendela. Dua potong kayu yang diikat terlihat menjangkau benda tersebut dari dalam sel tahanan Penjara Wansdworth di London, seperti dilansir dari Liputan6.com.
Pada dua tahun belakangan, benda-benda terlarang yang masuk ke penjara di Inggris dan Wales jumlahnya meningkat dua kali. Berdasarkan permintaan kebebasan informasi yang dilakukan oleh BBC, terungkap lebih dari dua ribu benda terlarang, termasuk narkoba dan ponsel, telah diselundupkan. Sementara sebanyak seribu senjata ditemukan pada enam bulan terakhir pada tahun 2015.
Angka tersebut meningkat dua kali sejak 2013 di mana tercatat 797 barang selundupan. Berbagai taktik pun telah digunakan untuk menyelundupkan barang-barang.
“Ini bukan kebetulan, orang merencanakan hal tersebut, mereka tahu bagian terbaik dari dinding untuk melempar barang,” ujar John Attard dari Prison Governors Association.
“Ada berbagai macam metode untuk mendapatkan barang-barang tersebut melalui tembok penjara. Kami pernah menemukan orang-orang meletakkan narkoba di dalam burung mati dan mereka mengirimnya bersama dengan raket tenis,” jelasnya.
Dikutip dari Daily Mail, Selasa (17/5/2016), rekaman yang diperoleh BBC menunjukkan sebuah tas yang diduga berisi barang selundupan, terekam sedang dilempar di atas dinding Penjara Pentonville, London.
Penjara dengan jumlah tahanan sekitar 1.300 orang tersebut, mencatat hanya 15 insiden penyelundupan barang-barang dilempar melewati tembok pada tahun lalu. **MS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar