29 Oktober 2014

Artis dan Narkoba (Segelintir Artis dan Kasus Narkoba)

Lagi, artis yang terkena kasus narkoba (Roger Danuarta) namun sepertinya berita tentang artis dan narkoba sudah sering terdengar dikalangan masyarakat pasalnya tidak hanya sekali duakali atau seorang dua orang saja yang pernah terlibat. Barang haram ini ternyata dikalangan artis cukup banyak yang menggunakannya nah berikut adalah daftar artis yang sempat terekspose karena kedapatan menggunakan Narkoba.
narkoba
Narkoba

  • Polo - Pertama pada Mei 2000, Polo membawa 0,5 gram sabu-sabu di sebuah hotel di Jakarta Pusat. Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur lalu mengganjarnya dengan hukuman 7 bulan penjara. Namun pada Juni 2004 Polo kembali masuk penjara. Ia diketahui memakai sabu-sabu di sebuah vila di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur. Dia dijatuhi hukuman penjara 1,5 tahun.
  • Roger Danuarta - Isu tewasnya Roger Danuarta di Twitter dibantah petugas Polsek Pulo Gadung, Jakarta Timur. Menurut petugas Polsek Aiptu Budi Purnomo, Roger sedang teler akibat overdosis di dalam mobil Mercy bernopol B 368 RY. Akibatnya, polisi yang menerima laporan warga langsung menggelandangnya ke kantor polsek setempat. "Tidak benar kalau tewas. Dia hanya ngefly, overdosis," ujar Budi.
  • Doyok - Artis komedian ini juga pernah tersangkut masalah yang sama dengan narkoba. Doyok mendekam selama satu tahun dipenjara karena kepemilikan 0.3 gram sabu pada tahun 2000 silam. 
  • Hengky Tornando - Aktor yang populer di era 90-an ini kedapatan membawa 6 gram sabu-sabu pada Mei 2011. Hengky ditangkap polisi di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.
  • Ria Irawan - Pada 27 Juli 2005, publik dikejutkan dengan terjaringnya Ria Irawan, Vicky Burki, Prety Asmara, serta lima artis Ibu Kota dalam razia narkoba disebuah diskotek di bilangan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Lima artis lain yang terjaring adalah Ruth Ludwina Rebecca Tumewu alias Becky Tumewu, Oscar Lawalata, Cut Tari, dan Maia Ahmad. Namun dari hasil tes urine yang dilakukan terhadap mereka, hanya Ria Irawan yang positif mengonsumsi narkoba. Namun saat itu putri bungsu artis senior Ade Irawan tersebut tidak ditahan. Ria dibebaskan polisi setelah dijemput Dewi Irawan, sang kakak. Aktris yang pernah mendapat Piala Citra ini hanya dikenakan wajib lapor. Ini bukan kali pertama Ria terlibat kasus narkoba. Pada 1993, teman Ria, Rivaldi Soekarno, tewas di rumahnya karena mengonsumsi narkoba. Diduga, mantan pacar Rizal Mantovani itu juga terlibat. Namun setelah diselidiki, tidak terbukti.
  • Ibra Azhari - Adik kandung Ayu, Sarah dan Rahma Azhari ini ditangkap polisi pada 23 Agustus 2010. Ibra ditangkap karena kedapatan memesan shabu sebanyak lima gram kepada salah seorang pengedar. Pada April 2011, Ibra Azhari divonis enam tahun penjara serta denda Rp 800 juta oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat dalam kasus kepemilikan shabu. 
  • Roy Marten - Aktor kawakan Roy Marten yang pernah mendekam di penjara karena kepemilikan shabu kembali tersangkut kasus serupa. Roy dibekuk polisi saat pesta shabu bersama empat temannya di sebuah hotel di Apartemen Novotel, Surabaya, Jawa Timur pada 13 November 2007.
  • Gogon - Pelawak Margono alias Gogon ditangkap polisi pada 22 Agustus 2007 di rumahnya, Kompleks Bandara Mas, Neglasari, Kota Tangerang, Banten, karena kepemilikan narkoba jenis shabu. Gogon dijerat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2000 Pasal 62 tentang Penggunaan Psikotropika. Gogon kemudian dihukum empat tahun penjara. 
  • Garry Iskak - Artis ini berurusan dengan hukum akibat kepemilikan shabu seberat 0,3 gram. Pemain film d`Bijis ini ditangkap pada 21 September 2007. Dia lalu dijatuhi hukuman delapan bulan penjara dan denda Rp 1 juta. 
  • Sheila Marcia - Pada 7 Agustus 2008, Sheila Marcia tertangkap tangan sedang berpesta narkoba di sebuah apartemen di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, bersama empat orang lainnya dan langsung diamankan di Mapolsek Penjaringan. Sheila sempat dinyatakan bebas dari penjara pada 6 Maret 2009. 
  • Jennifer Dunn - Jennifer Dunn juga tertangkap karena kasus yang sama pada Oktober 2009. Kasus narkoba Jennifer Dunn ini sempat menyeret nama Vicky Nitinegoro. Namun Vicky hanya ditetapkan sebagai saksi. Sedangkan Kepolisian Daerah Metro Jaya kemudian menyatakan artis Jennifer Dunn positif mengonsumsi narkoba. 
  • Achmad Albar - Rocker gaek Achmad Albar ditangkap tim reserse Mabes Polri pada 27 November 2007 karena diduga terlibat kasus penemuan 490 ribu butir ekstasi di apartemen Taman Anggrek, Jakarta Barat. 
  • Fariz RM - Pada 28 Oktober 2007, penyanyi dan pencipta lagu Fariz Roestam Munaf atau dikenal dengan nama Fariz RM ikut-ikutan membuat berita heboh karena tertangkap basah membawa ganja. 
  • Sammy "Kerispatih" - Sammy, vokalis Kerispatih ditangkap saat sedang pesta shabu di sebuah rumah kos-kosan di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, 3 Februari 2010. Sammy kemudian divonis satu tahun penjara dan wajib rehabilitasi. Sebelumnya, jaksa menuntut Sammy dengan hukuman lima. Ia pun akhirnya keluar dari Kerispatih.
  • Revaldo - Pesinetron ini dua kali terjerat kasus narkoba. Pertama, Revaldo ditangkap pada 10 April 2006. Dia dihukum dua tahun penjara karena terbukti memiliki shabu seberat satu gram, satu linting ganja, dan lima butir ekstasi. Kasus kedua, Revaldo terbukti memiliki shabu seberat 62 gram dan satu paket ganja. Ia ditangkap di kawasan Jakarta Barat, 20 Juli 2010. 
  • Yoyo "Padi" - Pada 27 Februari 2011, drummer band Padi, Surendro Prasetyo alias Yoyo juga ditangkap polisi karena memakai sabu-sabu. Ia harus mendekam di tahanan BNN selama satu tahun. 
  • Andhika Mahesa “Kange Band” - Dua personel Kangen Band, Andhika Mahesa, sang vokalis dan Izzy, drummer yang tengah di puncak kesuksesan harus berurusan dengan polisi setelah ditemukan ganja di markas mereka pada 11 Maret 2011. Andhika dan Izzy yang dijatuhi vonis satu tahun akhirnya menjalani rehabilitasi di Lido, Sukabumi, Jawa Barat. Andhika kemudian hengkang dari Kangen Band.
  • Iyut Bing Slamet - Nama mantan artis cilik Iyut Bing Slamet tiba-tiba mencuat kembali pada Maret 2011, setelah ditangkap karena diduga memiliki satu paket shabu seberat 0,4 gram. Iyut yang memiliki nama lengkap Ratna Fairuz Albar ditangkap di kamar 208, Hotel Penthouse, Tamansari, Jakarta Barat. Iyut pun terpaksa mendekam di penjara selama satu tahun. (http://teriaaak.blogspot.com/)

Ini hanyalah gambaran sebagian artis, mungkin masih banyak yang tidak diketahui karena tidak terekspose oleh media namun semoga dengan ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak sekali-sekali dekat dengan Narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar